Sabtu, 04 Oktober 2014

Serunya Takbiran di Kabupaten Bulungan

Sabtu, 4 Oktober 2014

Malam ini adalah malam takbiran untuk merayakan Idul Adha 1435H yang akan jatuh esok hari. Berbeda dengan takbiran di Jakarta dan Tangerang Selatan yang berupa pawai mobil atau motor keliling, Kabupaten Bulungan yang terletak di provinsi Kalimantan Utara mengadakan pawai perahu hias yang berlangsung di Sungai Kayan yang membelah kabupaten tersebut. Acara dimulai setelah waktu sholat isya setempat atau sekitar pukul 20.00 WITA. 

Lebih dari sepuluh perahu, baik besar maupun kecil ikut serta dalam pawai tersebut. Sepertinya pawai kapal hias ini sudah menjadi agenda rutin dari Kabupaten Bulungan. Sama halnya ketika takbiran menyambut Idul Fitri 1435H lalu, Kabupaten Bulungan menyelenggarakan pawai mobil hias yang sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya. 

Perahu-perahu beriringan menyusuri Sungai Kayan

Sungguh cantik Sungai Kayan malam ini. Air sungai memantulkan cahaya dari lampu warna-warni yang terpasang di perahu. Sesekali kembang api menerangi langit malam. Lantunan takbir dari kapal peserta pawai terdengar nyaring dari tengah sungai. Benar-benar sesuatu yang sangat berbeda dibandingkan takbiran yang selama ini aku lalui.

Salah satu perahu yang ikut pawai
Mungkinkah kegiatan macam ini akan terus berlangsung beberapa tahun mendatang? Melihat begitu dahsyatnya modernisasi merangsek masuk sisi sosial dan budaya masyarakat Indonesia. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar