Jumat, 03 Oktober 2014

Provinsi ke 34

Bertambah lagi satu provinsi di Indonesia. Kini Indonesia memiliki 34 provinsi. Provinsi ke 34 itu adalah provinsi Kalimantan Utara. Provinsi Kalimantan Utara adalah pemekaran wilayah dari Provinsi Kalimantan Timur. Provinsi ke 34 ini terbentuk setelah disahkannya UU No 20 Tahun 2012 oleh DPR. 

Provinsi Kalimantan Utara berbatasan langsung dengan negara Malaysia, tepatnya wilayah Sabah dan Serawak. Ibukota Provinsi kalimantan Utara adalah Tanjung Selor yang termasuk dalam Kabupaten Bulungan. Wilayah Kalimantan Utara terdiri dari 1 kota dan 4 kabupaten, yaitu Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Bulungan, dan Kabupaten Tana Tidung. 

Untuk menuju Tanjung Selor yang merupakan ibukota provinsi Kalimantan Utara, bisa dikatakan memakan waktu yang cukup lama. Hal ini pula yang menjadi salah satu alasan mengapa wilayah tersebut cukup tertinggal dibandingkan dengan wilayah sekitarnya yaitu Berau dan Tarakan. Bandara terdekat yaitu bandar udara Kalimarau yang terletak di Berau dan bandar udara Juwata yang terletak di Tarakan. Dari Berau menuju Tanjung Selor dapat ditempuh dengan jalur darat sekitar 3 jam. Sementara dari Tarakan menuju Tanjung Selor dapat ditempuh dengan 2 cara. Pertama dengan menggunakan speedboat dari pelabuhan Tengkayu dengan waktu tempuh sekitar 1, 5 jam. Kedua, menggunakan pesawat kecil dari bandar udara Juwata ke bandar udara Tanjung Harapan di Tanjung Selor. Ya, Tanjung Selor memiliki bandar udara tapi hanya untuk pesawat kecil. Maskapai yang melayani rute ini adalah Susi Air dan Kalstar.
Ini dia Kabupaten Bulungan
Sama seperti wilayah Kalimantan pada umumnya, wilayah Kalimantan Utara juga dieksploitasi untuk perkebunan dan pertambangan. Banyaknya perusahaan yang berinvestasi di wilayah ini diharapkan mampu mendongkrak dan mensejahterakan rakyat. Tidak hanya di bidang perekonomian, sarana dan prasarana umum, namun yang paling penting adalah meningkatkan mutu pendidikan. Dengan begitu hasil dari kekayaan di wilayah tersebut tidak hanya dinikmati oleh segelintir orang namun oleh masyarakat Kalimantan Utara seluruhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar